10 Ways To Improve Your Interpersonal Skills

10 Ways

To Improve

Your Interpersonal Skills

10 Ways  To Improve  Your Interpersonal Skills

#1 : Senyum.

Sebagian orang dalam lingkungan kerja Anda berada dalam kelompok orang yang selalu pada kondisi murung dan demotivasi.Lakukan yang terbaik untuk tetap ramah dan semangati rekan kerja Anda. Jagalah Sikap Mental Positif, tetap ceria dalam menghadapi pekerjaan dan kehidupan Anda. Senyum merupakan energi positif yang Anda sebarkan dan menggambarkan siapa diri Anda kepada orang lain

 

#2 : Berikan Apresiasi

Cari dan temukan paling tidak satu hal saja yang positif mengenai rekan kerja Anda dan beritahukan kepada mereka. Berikan banyak pujian dan kata-kata bijak untuk menyemangati mereka.Ucapkan terima kasih jika seseorang membantu Anda.Ciptakan perasaan & suasana nyaman ketika mereka menghubungi Anda atau berada diruangan bersama Anda. Jika rekan kerja Anda mengatahui bahwa Anda menghargai mereka, maka mereka akan memberikan yang terbaik kepada Anda

 

#3 : Berikan Perhatian.

Peka terhadap apa yang sedang terjadi dalam kehidupan orang-orang di sekitar Anda. Ketahuilah apa hal-hal yang membuat mereka bahagia, dan ungkapkan rasa perhatian dan simpati atas situasi sulit yang mereka hadapi misalkan : sedang sakit atau berita duka. Lakukan kontak mata dan sebut nama mereka dengan benar. Mintalah pendapat kepada mereka suatu waktu.

 

#4 : Mendengarkan dengan Aktif.

Mendengarkan dengan aktif adalah menunjukkan bahwa Anda mendengarkan dengan sengaja, serius dan memahami sudut pandang orang lain.Hal ini berarti menyatakan kembali apa yang orang lain sampaikan dengan kata-kata Anda sendiri. Dengan demikian,mereka mengetahui bahwa Anda memahami maksud mereka serta mengetahui bahwa respon yang Anda berikan bukan sekedar ‘lip service’. Rekan kerja Anda akan menghargai karena mengetahui bahwa Anda benar-benar menyimak apa yang telah mereka katakan.

 

#5 : Bangun Tim yang Solid.

Ciptakan sebuah lingkungan kerja yang mendorong orang-orang Anda bekerjasama.Perlakukan setiap orang dalam tim Anda secara adil, dan jangan membuat sindrom ‘anak emas’. Hindari membicarakan orang-orang Anda tanpa sepengetahuan mereka. Tindak lanjuti saran, ide, kritik dan permintaan dari tim Anda.Ketika Anda membuat sebuah pernyataan atau pengumuman, periksa kembali dan pastikan bahwa Anda telah benar-benar memahaminya. Jika rekan kerja Anda menilai Anda sebagai pribadi yang solid, jujur dan adil, maka Anda akan mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari mereka.

 

#6 : Selesaikan Konflik

Ambil satu langkah lebih maju dalam membawa tim Anda, dan jadilah orang yang mampu menyelesaikan suatu permasalah ketika muncul.Pelajari cara menjadi seorang mediator yang efektif. Jika rekan kerja Anda mengalami konflik baik secara pribadi maupun profesional di tempat kerja, ajak mereka duduk bersama bantulah untuk memperkecil perbedaan diantara keduanya. Dengan mengambil peran sebagai pemimpin, Anda akan memperoleh respek dan pujian dari orang-orang di sekitar Anda.

 

#7 : Berkomunikasi secara Jelas & Efektif.

Perhatikan secara mendalam tentang apa dan bagaimana Anda mengatakan sesuatu.Seorang komunikator yang jelas dan efektif menghindari terjadinya salah pengertian dengan rekan kerja, atasan, bawahan dan orang-orang sekitarnya. Kejelasan dalam cara bicara Anda secara verbal merupakan gambaran dari kecerdasan dan kematangan pribadi Anda. Jika Anda secara sengaja mengaburkan apa yang Anda keluarkan dari pikiran Anda maka mereka tidak akan percaya lagi dengan kata-kata maupun pendapat Anda.

 

#8 : Miliki Sense of Humor.

Jangan takut untuk menjadi orang yang lucu atau pandai. Sebagian besar orang suka dengan seseorang yang mampu membuat mereka tertawa. Gunakan sense of humor Anda sebagai alat yang efektif untuk meminimalkan rintangan dan mendapatkan perhatian dari orang-orang di sekitar Anda.

 

#9 : Lihat Dalam Diri Mereka.

Empati berarti bisa meletakan diri kita dalam sepatu orang lain dan memahami bagaimana perasaan mereka. Cobalah memandang situasi dan respon dari perspektif mereka. Hal ini dapat menjaga emosi dalam diri Anda sendiri; orang-orang yang mengukur dengan perasaannya sendiri hampir pasti tidak bisa berempati terhadap orang lain.

 

# 10 : Don’t complain.

Tidak ada yang lebih buruk lagi dari orang yang memiliki sikap selalu mengeluh dan mengkritik secara kronik. Jika Anda hendak menyampaikan suatu hal yang buruk, simpanlah dalam diary Anda. Jika Anda harus mengungkapkannya secara verbal kekesalan Anda, sampaikan secara pribadi kepada atasan, teman dan keluarga Anda secara singkat. Anda akan mendapatkan reputasi yang buruk jika Anda menyebarkan hal tersebut ke orang-orang di sekitar Anda.

 

SELF-COMMITMENT

Memang BAIK jadi orang PENTING…..

Tetapi jauh LEBIH PENTING jadi orang BAIK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *