DEVELOPING TRUST AND OPENNESS IN COACHING

DEVELOPING TRUST AND OPENNESS IN COACHING

8 KESALAHAN PARA MANAGER

1)Cenderung mempunyai kebiasaan yang egoistis.

2)Menganggap dirinya lebih hebat dari orang lain.

3)Meremehkan orang lain.

4)Memiliki pola pikir yang negatif terhadap orang lain.

5)Kurang memiliki jiwa besar.

6)Cenderung menutup mata pada keberhasilan & kekuatan orang lain.

7)Cenderung bersikap negatif terhadap orang lain.

8)Gila hormat dan senang dipuji

 

PRINSIP HUMAN RELATION

  1. Belajar menjadi pribadi yang ramah.

2.Belajar memperhatikan, menghargai dan menolong orang lain.

Berikanlah pertolongan itu dengan tulus

  1. Belajar menjadi pendengar yang baik.
  2. Belajar membangun semangat dan motivasi orang lain.
  3. Hindari kebiasaan debat kusir.
  4. Hindari kebiasaan membenarkan diri sendiri, kalau Anda salah jangan malu mengakuinya.
  5. Hindari kebiasaan menyalahkan dan mengkritik orang lain, buatlah kesalahan mudah untuk diperbaiki
  6. Biasakan membicarakan hal-hal yang diminati orang lain.
  7. Biasakan membuat orang lain sebagai orang-orang penting, dan nyatakanlah hal itu kepada mereka
  8. Biasakan menghormati pendapat orang lain sekalipun Anda tidak setuju.

 

JOHARI WINDOW (JENDELA JOHARI)

  Johari window (jendela Johari) diperkenalkan oleh Joseph Luft dan Harrington Ingham. Mereka berdua mencoba menganalisa kepribadian manusia dengan menggambarkannya sebagai sebuah jendela yang memiliki empat bidang. Jendela tersebut merupakan hasil pengamatan/ persepsi diri sendiri dan orang lain.

Menurut mereka berdua, mengenai kepribadian diri kita sendiri ada yang hanya kita saja yang mengetahuinya, ada juga yang hanya orang lain saja yang mengetahuinya sedang kita tidak menyadarinya . Selain itu ada juga pikiran, perasaan dan tingkah laku kita yang sama-sama diketahui oleh diri kita sendiri maupun orang lain dan yang tidak diketahui oleh siapapun baik oleh kita maupun orang lain. Untuk itu marilah kita beranalogi dengan tubuh kita. Bayangkan kita sedang berhadapan dengan seorang teman. Apakah kita bisa melihat tangan kita ? Bagaimana dengan teman kita ? Ya, keduanya bisa dengan baik melihat tangan kita. Pikiran, perasaan dan tingkah laku kita yang diketahui oleh diri kita sendiri dan orang lain dalam Johari Window dimasukkan dalam jendela pertama, yaitu daerah TERBUKA. Daerah terbuka merupakan bagian pribadi yang disadari oleh diri sendiri dan ditampilkan kepada orang lain atas kemauan sendiri. Misalkan pikiran, perasaan dan pendapat yang dipilih untuk dilontarkan kepada orang lain. Termasuk dalam bidang ini adalah hal-hal yang tidak dapat ditutup-tutupi dari pengamatan orang lain seperti paras muka, bentuk muka, bentuk badan, ketuaan, meskipun terhadap hal-hal ini banyak orang yang ingin menutupinya. Pendapat rekan anda terhadap diri anda yang anda setujui umumnya merupakan bagian sifat yang masuk dalam daerah terbuka.

Sekarang cobalah untuk melihat telinga anda. Apakah anda bisa melakukannya sendiri tanpa alat bantu ? Tidak bukan. Namun rekan anda dapat melakukannya. Begitu juga dengan pikiran , perasaan dan tingkah laku kita. Ada beberapa sikap yang kita tidak mengetahui ataupun menyadarinya, namun orang lain dapat melihatnya. Untuk ini pertimbangan pendapat – pendapat window, ini yang dinamakan daerah BUTA. Bagian pribadi ini tak disadari oleh diri sendiri akan tetapi tersampaikan kepada orang lain, atau terlihat oleh orang lain, misalnya kebiasaan -kebiasaan, sifat dan kemampuan tertentu yang tidak disadari melekat pada diri sendiri, dan sering berpengaruh dalam berhubungan dengan orang lain. Mungkin anda tidak merasa bahwa suka menginterupsi pembicaraan orang, senang membantah, atau membanggakan diri sendiri, namun bila kebanyakan orang berpendapat bahwa anda seperti itu, anda patut mempertimbangkannya sebagai bagian kepribadian anda.

Sekarang bagaimana dengan bagian-bagian tubuh anda yang sangat pribadi ? apakah rekan anda mengetahuinya ? Tentu hal yang memalukan bila hal itu terjadi. Untuk bagian tubuh yang satu ini cuma anda sendirilah yang tahu. Demikian pula sebahagian dari pikiran, perasaan dan tingkah laku anda, ada yang cuma anda yang mengetahuinya. Ini yang dimaksud dalam daerah PRIBADI. Bagian ini disadari oleh diri sendiri, tetapi secara sadar ditutup-tutupi terhadap orang lain. Atau mungkin juga karena kesulitan menyampaikannya kepada orang lain sehingga orang lain tidak bisa memahaminya.

Apakah ada bagian tubuh anda yang tidak bisa dilihat oleh siapapun termasuk diri anda sendiri ? Bagaimana dengan jeroan tubuh anda seperti hati, paru-paru, jantung, usus ? Nah, analogi ini mewakili sifat dan perilaku yang tidak seorangpun mengetahui/menyadarinya termasuk diri sendiri. Ini dalam Johari window dimasukkan dalam jendela keempat, yaitu daerah GELAP. Pada bagian ini termasuk motif-motif, kebutuhan-kebutuhan yang tidak disadari, terlupakan atau terdesak ke bawah sadar sehingga tidak dikenali lagi, namun masih mempengaruhi tindakan-tindakan dalam berhubungan dengan orang lain. Perhatikan diagram Johari Window di halaman berikut.

SEBERAPA LUAS JENDELA-JENDELA DIRI ANDA ?

Sebenarnya daerah-daerah di dalam Johari Window tidaklah terbagi empat dengan luas yang sama seperti diberikan dalam gambar. Setiap orang mempunyai luasan-luasan yang khas dari setiap jendela-jendela tersebut. Jika orang-orang berpendapat bahwa anda orang yang sulit ditebak, maka ada kemungkinan daerah terbuka anda pada Johari Window sempit. Kalau pendapat orang lain tentang anda banyak disetujui, maka luasan daerah terbuka anda boleh jadi lebih luas dari daerah daerah lainnya. Perhatikan jendela seorang dibawah ini :

Bidang terbuka sempit :

Kurang terbuka terhadap orang lain.

Banyak hal dari dirinya yang ditutup-tutupi,

Tidak efektif.

Kurang mau menerima umpan balik. Kurang mau menerima umpan balik/ pandangan orang lain tentang dirinya tidak ada kepercayaan/trust sehingga takut kehilangan   harga dirinya atau tidak hendak mendengarkan kritik.

 

APA YANG HARUS DILAKUKAN

Seringkali anda meminta pendapat orang lain mengenai diri anda ? Jika anda telah mendapatkannya dan ternyata banyak diantaranya yang anda rasa kecewa dengan teman-teman anda ? atau kecewa dengan diri sendiri ? Jangan lakukan semua itu, melainkan lebih baik kebaikan anda. Tentu saja mengucapkan nasehat ini tidak semudah menjalankannya, namun setidaknya ini bisa membuka jendela-jendela hati kita untuk suatu kebaikan.

Karena keterbukaan merupakan hal penting dalam kelompok, maka meluaskan daerah terbuka dari Johari window anda perlu diupayakan, seperti digambarkan pada diagram dibawah ini, sehingga masing-masing anggota kelompok saling mengetahui siapa sesungguhnya dirinya dan rekan-rekannya. Bila sudah saling mengetahui, interaksi antar anggota menuju pencapaian tujuan dapat diharapkan berlangsung dengan efektif.

Selama mencari informasi tentang diri anda dari umpan balik yang anda peroleh dari orang-orang sekitar anda dan selamat merasakan seperti apa konfigurasi jendela Johari milik anda.

Leave a Reply