Human Relation In Communication

Human Relation In Communication

Human Relation In Communication

Definisi Human Relation :

Suatu Proses mengerti, memahami dan memenangkan pikiran orang lain

 

Mengapa Perlu …..?

  1. Agar dapat lebih mudah diterima
  2. Lebih mudah mengembangkan jaringan
  3. Dapat bekerjasama
  4. Lebih mudah dalam persahabatan
  1. Agar Lebih Percaya Diri
  2. Karena kita adalah pelaku bisnis
  3. Karena kita mahluk sosial
  4. Karena merupakan password berbisnis

 

Mengapa sering kali sulit mempraktek-kannya…?

1.Ego

2.Sombong

3.Merasa Benar

4.Mau Menang Sendiri

5.Tidak Butuh Orang Lain

 

Kebanyakan Kita…?

* Cenderung mempunyai kebiasaan yang egoistis.

* Menganggap dirinya lebih hebat dari orang lain.

* Meremehkan orang lain.

* Memiliki pola pikir yang negatif terhadap orang lain.

* Kurang memiliki jiwa besar.

* Cenderung menutup mata pada keberhasilan & kekuatan orang lain.

* Cenderung bersikap negatif terhadap orang lain.

* Gila hormat dan senang dipuja-puji.

 

PRINSIP HUMAN RELATION

  1. Belajar menjadi pribadi yang ramah.
  2. Belajar memperhatikan, menghargai dan menolong orang lain
  3. Belajar menjadi pendengar yang baik.
  4. Belajar membangun semangat dan motivasi orang lain.
  5. Hindari kebiasaan debat kusir.
  6. Hindari kebiasaan membenarkan diri sendiri, kalau Anda salah jangan malu mengakuinya.
  7. Hindari kebiasaan menyalahkan dan mengkritik orang lain.
  8. Biasakan membicarakan hal-hal yang diminati orang lain.
  9. Biasakan membuat orang lain sebagai orang-orang penting
  10. Hormati pendapat orang lain sekalipun Anda tidak setuju.

 

BAGAIMANA MENJADI PENDENGAR YANG BAIK

1.Diam

Anda tidak dapat berbicara sambil mendengarkan.

2.Sadarilah bahwa mendengarkan adalah sesuatu yang Anda lakukan demi sukses pribadi.

Anda tidak mendengarkan sekedar untuk bersikap manis terhadap orang lain. Mendengarkan menghasilkan Keampuhan, Rasa hormat dan Cinta serta memberikan Anda informasi yang Anda butuhkan untuk menjadi efektif.

3.Bersedia mendengarkan lebih baik

Pandanglah mendengarkan sebagai investasi kecil dari waktu dan tenaga yang akan memberikan hasil besar dalam pemahaman antar manusia.

4.Mengurangi rasa mementingkan diri sendiri

Anda mungkin satu-satunya orang yang percaya bahwa Anda dan apa yang Anda katakan adalah lebih penting daripada orang lain dan apa yang mereka katakan. Barangkali Anda keliru.

5.Siaplah untuk mendengarkan

Pikirkan tentang pembicaraan dan topik yang akan dibicarakan sebelumnya. Tetapkan tujuan yang ingin Anda capai dalam mendengarkan.

6.Berikan konsentrasi lebih besar kepada pembicara

Kebanyakan orang berbicara dengan kecepatan rata-rata 120 kata per menit. Kemampuan rata-rata mendengarkan kira-kira 480 kata per menit atau empat kali lebih cepat.   Selisih ini membuat pikiran kita melayang kemana-mana ketika orang lain berbicara. Jika kita dapat mencurahkan konsentrasi lebih besar kepada Pembicara. Misalnya sekitar 200 kata per menit dari kemampuan mendengarkan, pikiran kita melantur. Kita mencapainya dengan melakukan kontak mata dengan memikirkan sungguh-sungguh apa yang sedang disampaikan dengan duduk tegak dan dengan mengajukan pertanyaan.

7.Amati isyarat non-verbal

Amatilah apa yang mungkin disampaikan pembicara melalui bahasa tubuh. Dengarkan nada suaranya.

8.Tahan nafsu Anda

Jangan menginterupsi. Tundalah penilaian sementara orang sedang berbicara. Anggaplah seolah-olah semua yang dikatakan pembicara adalah benar (memang demikian dalam arti si Pembicara pasti meyakininya), setidak-tidaknya sampai ia berhasil berbicara.

9.Jangan rencanakan tanggapan Anda ketika orang sedang berbicara

Anda hanya memerlukan beberapa detik untuk memikirkan tanggapan Anda sebelum Anda melakukannya. Orang lain akan menunggu Anda. Tidak ada salahnya terjadi kesenyapan sejenak di antara waktu seseorang bicara dengan waktu Anda bicara.

10.Berusahalah untuk mendengarkan

Abaikan lingkungan yang berisik. Tentanglah gangguan dari lingkungan dan dari Pendengar lainnya.

11.Bila Anda perlu mendengar semua yang dikatakan seseorang, katakanlah kepada diri sendiri, memahami keyakinan dan perasaan orang ini merupakan hal terpenting dalam hidup saya sekarang ini.

Inilah saatnya Anda memusatkan seluruh kemampuan mendengarkan Anda yang 480 kata per menit itu pada Pembicara. Anda akan menyadari bahwa Anda telah melakukan tugas Anda dengan baik jika Anda merasa lelah setelah itu.

 

Manfaat Mendengarkan

1.Menjauhkan Anda dari kesukaran

Pendengar yang baik mengindahkan Petunjuk, Saran dan Peringatan. Orang jarang sekali menjadi marah kepada seseorang yang menaruh perhatian kepada mereka.

2.Memberitahukan kepada Anda apa yang sedang terjadi.

Hidup itu belajar. Segala sesuatu selalu terjadi disekitar Anda. Semakin banyak Anda mendengar dan memahami suatu kejadian, semakin profesional Anda karena Anda belajar dari pengalaman.

3.Membuat diri Anda lebih kompeten.

Makin banyak informasi dan pengetahuan yang Anda miliki tentang pekerjaan Anda, makin berhasil Anda melaksanakannya. Mendengarkan merupakan cara untuk memperoleh pengetahuan dan informasi lebih banyak daripada yang dipunyai orang lain.

4.Membuat diri Anda tampak cerdas.

Itu benar! Mendengarkan bukan hanya meningkatkan kecerdasan Anda, melainkan juga membuat Anda tampak cerdas. Ingatlah penilaian Anda kepada orang yang pendiam. Barangkali Anda tidak akan pernah mengatakan mereka bodoh.

5.Meningkatkan keampuhan Anda.

“Pengetahuan itu ampuh”, kata pepatah. Keampuhan (yang diperoleh melalui mendengarkan) menyebabkan Anda mempunyai data lebih banyak ketimbang orang lain. Tindakan Anda selalu didasarkan pada informasi yang baik dan cepat.

6.Membantu Anda memahami orang lain

Adakah yang lebih penting dalam hidup ini ketimbang memahami Kebutuhan, Motivasi serta Nilai-nilai dari mereka yang berada di sekitar Anda? Sangatlah penting mengetahui apa yang perlu dilakukan untuk membuat Bawahan atau Atasan memberikan tanggapan sesuai dengan keinginan Anda. Adakah cara yang lebih baik untuk mengetahui apa yang dapat menggerakkan seseorang selain daripada mendengarkan mereka?

7.Memenangkan penghargaan.

Seberapa sering Anda mendengarkan seseorang berkata, “ ….. Setidaknya ia mendengarkan Saya”. Tidakkah Anda dapat merasakan penghargaan dari seseorang yang telinganya dipergunakan pada saat dibutuhkan?

8.Negosiasi bagi Anda.

Dua kunci untuk memperoleh apa yang Anda inginkan dari orang lain adalah mengenai apa yang mereka ingin berikan dan apa yang perlu dilakukan untuk membuat mereka memberikan lebih banyak. Satu-satunya cara untuk mengetahui ini adalah mendengarkan, mendengarkan dan mendengarkan.

9.Mengurangi rasa marah pada orang lain.

Tanggapan awal terbaik terhadap emosi dilakukan dengan telinga Anda. Bila kita mendengarkan seseorang yang sedang marah, kita akan mengetahui sebab kemarahannya, kita memperlihatkan empati kita, dan kita menyediakan ventilasi yang akhirnya membuat orang tersebut menjadi lebih rasional. Sangatlah bodoh untuk berusaha mengetahui alasan kemarahan seseorang sebelum kita dapat memahaminya berempati kepadanya dan meredakannya.

10.Membangun pengakuan dalam diri orang lain

Bilamana Anda menghentikan apa yang sedang Anda lakukan untuk mendengarkan seseorang, Anda seakan mengatakan, “Saya menghargai Anda serta apa yang akan Anda katakan”. Ini adalah salah satu cara yang paling pasti untuk membangun pengakuan dalam diri bawahan, anak-anak, istri Anda dan siapa saja yang hadir dalam kehidupan Anda.

11.Mengantarkan cinta ke dalam hidup Anda

Ungkapkan rasa cinta dan perhatian yang paling meyakinkan adalah dengan mendengarkan. Bagaimanapun juga, Siapa yang mau mendengarkan orang yang tidak disenanginya? Tambahan lagi, cara tercepat dan paling pasti untuk membuat orang selalu mengenang Anda, jika tidak mencintai Anda, adalah mendengarkan mereka. Perhatikanlah bagaimana anak menilai rasa cinta orangtua mereka dengan melihat apakah ayah dan ibu menunjukkan perhatian terhadap mereka melalui sikap mendengarkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *