INSPIRING TRUST AND TEAM WORK

INSPIRING TRUST AND TEAM WORK

SEBERAPA LUAS JENDELA-JENDELA DIRI ANDA ?

Sebenarnya daerah-daerah di dalam Johari Window tidaklah terbagi empat dengan luas yang sama seperti diberikan dalam gambar. Setiap orang mempunyai luasan-luasan yang khas dari setiap jendela-jendela tersebut. Jika orang-orang berpendapat bahwa anda orang yang sulit ditebak, maka ada kemungkinan daerah terbuka anda pada Johari Window sempit. Kalau pendapat orang lain tentang anda banyak disetujui, maka luasan daerah terbuka anda boleh jadi lebih luas dari daerah daerah lainnya.

Bidang terbuka sempit :

Kurang terbuka terhadap orang lain.

Banyak hal dari dirinya yang ditutup-tutupi,

Tidak efektif.

Kurang mau menerima umpan balik. Kurang mau menerima umpan balik/ pandangan orang lain tentang dirinya tidak ada kepercayaan/trust sehingga takut kehilangan   harga dirinya atau tidak hendak mendengarkan kritik.

 

APA YANG HARUS DILAKUKAN

Seringkah anda meminta pendapat orang lain mengenai diri anda ? Jika anda telah mendapatkannya dan ternyata banyak diantaranya yang anda rasa kecewa dengan teman-teman anda atau kecewa dengan diri sendiri, jangan lakukan semua itu melainkan lebih baik orang hanya mengetahui kebaikan anda. Tentu saja mengucapkan nasehat ini tidak semudah menjalankannya, namun setidaknya ini bisa membuka jendela-jendela hati kita untuk suatu kebaikan.

Karena keterbukaan merupakan hal penting dalam kelompok, maka meluaskan daerah terbuka dari Johari window anda perlu diupayakan, seperti digambarkan pada diagram dibawah ini, sehingga masing-masing anggota kelompok saling mengetahui siapa sesungguhnya dirinya dan rekan-rekannya. Bila sudah saling mengetahui, interaksi antar anggota menuju pencapaian tujuan dapat diharapkan berlangsung dengan efektif.

Selama mencari informasi tentang diri anda dari umpan balik yang anda peroleh dari orang-orang sekitar anda dan selama merasakan seperti apa konfigurasi jendela Johari milik anda.

 

Dimensi Team

People

Membutuhkan metode pengelolaan interaksi diantara anggota team; komunikasi, motivasi dan memelihara keutuhan team

Task

Kejelasan bersama mengenai tujuan, target, misi dimana setiap anggotanya berkomitmen untuk mencapainya

 

Interaksi Team

Fokus Eksternal

Berhubungan dengan pihak luar

Fokus Internal

Berhubungan dengan anggota internal team

 

TAHAP PENGEMBANGAN KELOMPO

1.Forming – masih melihat kriteria

  • Latar belakang
  • Kemampuan
  • Cara kerja
  • Kecemasan, kebingungan, frustrasi
  • Apakah saya diterima

2.Storming – hubungan personal berdasarkan kekuatan dan pengaruh

  • Siapa yang mengambil ?
  • Bagaimana kontrol dilakukan ?
  • Berapa besar pengaruh yang saya miliki ?
  • Apa peranan saya ?

3.Norming

  • Trust – respect
  • Umpan balik
  • Membuat keputusan
  • Meningkatkan kepuasan

4.Performing

  • Peranan yang jelas untuk seluruh anggota
  • Anggota team nyaman dengan yang lain
  • Percaya diri dan opteamis
  • Kinerja meningkat

 

SLOGAN :

“No one is perfect but a team can be

 “Coming together is a beginning Keeping together is progress Thinking together is unity Working together is success”

 

THE MAGIC OF TEAM WORK

Kekuatan Magis Kerja Team

Prioritas utama sebuah team apapun adalah belajar berfungsi seefektif dan semulus-mulusnya sehingga secara individu dan bersama-sama, anggota team itu dapat meraih sasaran yang tepat.

  1. Orang biasa, tapi Hasil Luar Biasa

Kerja team adalah kemampuan untuk bekerjasama menuju satu visi yang sama, kemampuan mengarahkan pencapaian individu ke arah sasaran organisasi. Itulah rangsangan yang memungkinkan orang biasa mencapai hasil yang luar biasa.

  1. Orang biasa, hasil luar biasaitulah Kekuatan Kerja Team

TEAM – together everyone achieves more

Konsep team maknanya terletak pada ekspresi kata yang Anda dengar berulang kali : sinergi. Kata sinergi berasal dari Yunani Sunergos, artinya “bekerja bersama” dari Sun :”bersama” dan ergon :”bekerja”. Sinergi berarti interaksi dari dua individu atau lebih atau kekuatan yang memungkinkan kombinasi tenaga mereka melebihi jumlah tenaga individu mereka.

  1. Kumpulan individuatau team ?

Bill Bradley – pemain besar Princeton All-American, mantan   penyerang bintang New York Knicks, dan mantan Senator partai   Demokrat dari New Jersey – pernah mengamati, pokok permainan   bukanlah seberapa baik yang dilakukan orang secara sendiri-sendiri,   melainkan bagaimana team itu menang. Itulah inti kecantikan   permainan, paduan kepribadian, saling berkorban untuk keberhasilan   kelompok.

Henry Ford pernah berkata, “Ada tiga kunci untuk membuat sebuah   team yang ampuh : nomor satu : rasa kebersamaan adalah   permulaan. Nomor dua : kerja bersama adalah kemajuan. Nomor   tiga: tetap bersama-sama adalah keberhasilan.”

Pelatih NBA Pat Riley berkata, “Lebih dari itu, jelas kerja team   merupakan kunci untuk daya saing global”.

  1. Pelajaran dari alam

Setiap tahun sebelum pertandingan penentuan, Phil mengumpulkan team dan membacakan cuplikan buku Rudyard Kipling Second Jungle Book berikut ini :

  Sekarang inilah hukum rimbanyata dan sudah ada sejak dulu seperti langit dan serigala yang setia akan berhasil, tapi serigala yang melanggarnya pasti binasa.

  Bagaikan tumbuhan penjalar yang mengepung batang pohon, hukum berlaku ke depan hingga belakang.

  Kekuatan kawanan itu adalah serigala dan kekuatan serigala adalah kawanannya.

Alam penuh dengan pelajaran tentang pentingnya kerja team. Pangeran Rusia Pyotr Kropotkin (1842-1921) berpendapat, “Saling membantu lebih merupakan hukum kehidupan binatang sebagai perjuangan bersama”.

  1. Membuat kekuatan gaib jadi kenyataan

Apa yang kita bicarakan berkaitan dengan misteri yang sulit   dipahami yang sering disebut sebagai “kesearahan”. Artinya,   momen ketika keseluruhan team muncul bersama   sebagai satu   kesatuan, berfungsi tak hanya sebagai mesin, tapi juga sebagai   karya seni. Semua energi team itu berdenyut dalam kesatuan,   sinkron dan harmonis mengalir ke arah sasaran.

Leave a Reply