Leadership Training

Leadership Training

Leadership Training : Manfaat dan Materi

Daftar Isi :

  • Manfaat Leadership Training

  • Materi Leadership Training

 

Sahabat Humanis …

Para ahli pada bidang kecerdasan emosi mengemukakan bahwa kesuksesan dalam bidang pekerjaan atau karier juga dalam bidang lainnya ternyata lebih banyak ditentukan oleh kecerdasan emosi bila dibandingkan dengan kecerdasan intelektual.

Inilah sebabnya usaha untuk meningkatkan kecerdasan emosional ini kian banyak dilakukan serta memperoleh perhatian yang semakin besar dari masyarakat termasuk berbagai perusahaan.

Salah satu upaya yang sering dilakukan adalah dengan menyelenggarakan pelatihan kepemimpinan termasuk yang disediakan oleh vendor training leadership.

Secara umum perusahaan dapat dikatakan sebagai suatu organisasi yang terstruktur dan dibentuk untuk mencapai suatu tujuan.

Untuk itu dibutuhkan pemimpin yang mempunyai kompetensi dalam mengatur seluruh pegawai yang berada di bawahnya.

Hal ini kadang bukan sesuatu hal yang mudah karena tak semua orang dilahirkan dengan bakat memimpin.

Tetapi Anda tak perlu berkecil hati karena kepemimpinan sesungguhnya adalah sebuah gaya atau seni yang dapat dipelajari oleh siapa pun.

Salah satu sarana untuk mendapatkan materi ini adalah dengan mengikuti pelatihan kepemimpinan yang diselenggarakan oleh penyedia jasa seperti misalnya Humanis Group.

Dengan pemimpin yang baik roda organisasi akan dapat bergerak menuju ke arah yang telah disepakati.

Memang seorang pemimpin mempunyai porsi tanggung jawab yang paling besar bila dibandingkan staf lain pada perusahaan.

Manfaat Leadership Training Manfaat Pelatihan Kepemimpinan

Sahabat Humanis …

Nah, inilah beberapa manfaat yang akan diperoleh perusahaan dengan seluruh aktifitas leadership training.

1.

Menjadi pemimpin bukan berarti selalu merupakan bakat bawaan atau anugerah yang begitu saja datang. Kualitas pemimpin bisa terbentuk melalui belajar dan pengalaman seperti contohnya para pelatih cabang olahraga tertentu. Inilah sebabnya sebelum mendapatkan lisensi melatih para calon pelatih tersebut harus mengikuti traning kepemimpinan dahulu. Hal seperti ini sesungguhnya juga berlaku di perusahaan, di mana sebelum mulai menjalankan tugas sebagai pemimpin atau manajer, yang bersangkutan sebaiknya mendapatkan pelatihan sebagai bekal agar tugasnya bisa berjalan lebih lancar.

2.

Tak hanya memastikan bahwa tugas yang diberikan dapat diselesaikan dengan sempurna oleh anak buahnya, seorang pemimpin yang baik seharusnya mengerti teknik pendekatan psikologi. Dengan demikian anak buahnya tak merasa tertekan atau terpaksa mengerjakan perintahnya tetapi dengan senang hati bersedia menjalankan perannya dengan baik karena merasa nyaman dengan gaya kepemimpinan sang manajer. Keterampilan semacam ini bisa diperoleh melalui leadership training.

3.

Dengan mempercayakan training kepemimpinan kepada lembaga penyedia jasa tersebut, karyawan perusahaan akan mendapatkan model pelatihan yang sesuai dengan jenis bisnis atau jenis industrinya. Traning kepemimpinan untuk bidang industri pertambangan tentunya juga tak sama dengan training kepemimpinan untuk industri makanan, misalnya. Dengan bentuk pelatihan yang sesuai, karyawan yang bersangkutan dimungkinkan untuk mengerti perusahaan tempat berkariernya dengan lebih baik.

4.

Yang menjadi konsentrasi utama dari leadership training adalah menyiapkan karyawan yang nantinya akan diberikan kepercayaan untuk memimpin banyak orang demi mewujudkan tujuan perusahaan. Dalam sebuah bisnis, tugas manajer adalah untuk meningkatkan produktifitas staf-staf bawahannya agar dapat memberikan profit seoptimal mungkin bagi perusahaan. Pada training tersebut, pemimpin atau calon pemimpin belajar untuk menguasai teknik-teknik memotivasi bawahan dalam meningkatkan produktifitas tanpa membuat mereka merasa tertekan.

Teknik Kepemimpinan

 

5.

Tak hanya terfokus pada teknik kepemimpinan, pada pelatihan leadership seorang calon pemimpin akan memperoleh materi mengenai trend-trend terbaru yang tengah berkembang dalam dunia industri dan bisnis agar perusahaan selalu dapat berkompetisi dengan para pesaing. Tak hanya berkaitan dengan fashion, dalam dunia usaha dan industri setiap saat memang selalu akan ada trend serta teknologi terbaru.

6.

Kegiatan kepemimpinan pada tahap awal atau saat rekrutmen pegawai akan membantu mereka untuk mengenal dan beradaptasi dengan perusahaan tempat mereka bergabung. Penyesuaian diri yang berlangsung secara alami pada umumnya membutuhkan waktu yang lebih lama tetapi dengan training semacam ini proses adaptasi bisa berlangsung lebih cepat. Training ini juga berfungsi untuk mempersiapkan pegawai baru sehingga mereka bisa mengetahui dengan pasti apa saja job deskripsi mereka serta kewajibannya di lingkungan kantor.

7.

Penyedia jasa pelatihan leadership training juga memberikan materi motivasi karena sebagai manusia, setiap orang membutuhkan dorongan dalam hidupnya. Harus disadari bahwa bekerja selama 8 jam sehari dengan orang-orang dan lingkungan yang sama tentu menimbulkan kejenuhan dan bila tak ditangani. Kondisi ini bisa menjadi pemicu berkurangnya produktivitas serta disiplin yang menurun. Pelatihan kepemimpinan akan membantu pegawai agar kembali bersemangat agar kontribusi mereka kepada perusahaan bisa membaik.

Persaingan pada bidang bisnis …

 

8.

Tentunya kita semua sudah mengetahui bahwa pada suatu perusahaan terdiri dari bermacam-macam bagian. Dengan tiap-tiap bagian tersebut mempunyai pegawai dengan kompetensi yang spesifik. Misalnya staf pada bagian keuangan tentu harus memiliki kecakapan pada bidang akuntansi dan perpajakan yang baik. Sesuai dengan semakin tingginya tensi persaingan pada bidang bisnis, kemampuan pada bidang spesifik tersebut harus terus diasah agar dapat mengikuti perkembangan zaman. Tujuan ini dapat dicapai dengan cara yang efektif yaitu melalui training kepemimpinan. Misalnya, seorang manajer akan memperoleh pengetahuan dan teknik terbaru untuk meningkatkan motivasi. Serta memastikan bahwa anak buahnya bisa bekerja sama dengan baik setelah mengikuti training leadership. Saat dipraktekkan pada perusahaan maka kualitas manajemen akan menjadi lebih baik.

9.

Dalam sebuah perusahaan pada umumnya terdapat beberapa bagian atau divisi dengan kepala bagiannya masing-masing. Manajer atau kepala bagian tersebut bertugas untuk memastikan bahwa divisi yang berada di bawah pengawasannya berjalan dengan baik dan kontribusi kepada perusahaan berlangsung optimal.

10.

Memberikan Pemahaman berbagai Jenis gaya Kepemimpinan.

11.

Mengetahui pemahaman akan kelebihan diri dalam transformasi kepemimpinan.

12.

Mampu menerapkan Transformasi Kepemimpinan pada aktivitas sehari-hari.

13.

Kesadaran untuk memberdayakan semua anggota tim yang mereka memimpin.

Sesuai survey ilmiah yang telah dilakukan, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, karyawan perusahaan yang telah mengikuti berbagai  leadership training memang menyebabkan dampak positif bagi perusahaan dengan peningkatan produktifitas.

Data statistik bahkan menyebutkan bahwa bila para pemimpin perusahaan meliputi direktur dan para staf manajer mengikuti training kepemimpinan, peningkatan dalam hal produktifitas pada perusahaan bisa mencapai hingga 6 kali lipat atau 600%.

Hal ini tentu akan sangat menggembirakan.

Materi kepelatihan training kepemimpinan

 

Dalam setiap perusahaan tak dapat dipungkiri akan selalu ada regenerasi atau pergantian posisi yang disebabkan oleh masa pensiun, pemecatan, pengunduran diri, dan lain-lain.

Untuk posisi yang kosong tersebut perusahaan pada umumnya akan memberikan promosi kenaikan pangkat bagi karyawan yang dianggap kompeten dan berpengalaman.

Kondisi tersebut akan semakin lengkap bila yang bersangkutan berkesempatan untuk mengikuti kepelatihan kepemimpinan agar tugas yang diembannya bisa dilaksanakan dengan semakin maksimal.

Materi Training Leadership Training

Materi Pelatihan Kepemimpinan

Sahabat Humanis …

Dalam sebuah training leadership pada umumnya akan diberikan beberapa materi utama, yaitu:

1.

Materi tentang pembentukan serta pengembangan karakter demi tercetaknya generasi pemimpin yang tegas, mempunyai wibawa, disegani. Dan mempunyai kemampuan untuk mengayomi serta memotivasi seluruh bawahannya.

2.

Peserta dimungkinkan untuk mempelajari seluruh aspek tentang kepemimpinan antara lain adalah konsistensinya terhadap misi dan visi perusahaan. Teknik menggunakan seluruh potensi yang tersedia dalam mencapai tujuan, sampai dengan materi manajemen waktu hingga tentang sumber daya manusia.

3.

Dalam pelatihan akan diberikan materi yang memberi ruang akan kreatifitas pemimpin. Di sini para peserta akan terbantu dalam mengeluarkan sisi kreatif mereka terutama dalam menemukan solusi saat menghadapi masalah.

4.

Untuk menjadi pemimpin yang baik memang harus mengerti serta memahami kode etik kepemimpinan. Kode etik ini pada umumnya berisi tentang prinsip hukum serta moral yang harus diterapkan secara total oleh seluruh pemimpin. Agar dalam menjalankan tugasnya tak menyimpang dari budaya organisasi, hukum yang berlaku, SOP, peraturan perusahaan, serta norma dalam masyarakat.

5.

Time capsules od Leadership.

6.

Why Transformational Leadership (TransLead).

7.

TransLead 1 : Individualized Consideration

8.

Translead 2 : Inspirational Motivation.

9.

Translead 3 : Intellectual Stimulation.

10.

Translead 4 : Idealized Influence.

11.

The Other factor : Attributed Charismatic & Extra effort

 

Sahabat Humanis …

Jika Sahabat ingin mempelajari materi-materi di atas.

Anda dapat segera menghubungi Kami, untuk mengikuti pelatihan tersebut baik inhouse maupun public class training dengan menghubungi Kami di  :

Head Office

PT Handaru Utama Nityasa
Jakarta

email : puji@humanisgroup.co.id 

 

Cabang : Bekasi, Tangerang, Bandung, Semarang, Surabaya-Bali

 

 

Sahabat Humanis …

Tak hanya memimpin dan memastikan anak buahnya dapat menjalankan tugasnya secara maksimal, seorang pemimpin juga harus mampu mengayomi sekaligus melindungi bawahannya agar mereka merasa nyaman dalam bekerja.

Pelatihan leadership oleh penyedia jasa training bisa membantu memancing keluar jiwa kepemimpinan dari dalam diri para pegawai suatu perusahaan.

Dalam sebuah perusahaan selalu ada posisi-posisi pemimpin di mana beberapa orang staf dianggap mempunyai kemampuan leadership yang mumpuni untuk mengarahkan pegawai yang lain untuk mencapai tujuan.

Kemampuan kepemimpinan tersebut kadang sudah melekat sebagai bakat alami tetapi ada pula yang berasal dari proses belajar dan mengamati.

Inilah sebabnya sebaiknya perusahaan tetap mengagendakan leadership training secara berkala karena pelatihan kepemimpinan tersebut terbukti nyata dari penelitian ilmiah mampu memberikan berbagai manfaat positif.

Sebagaimana yang sudah banyak diketahui dalam dunia usaha ada yang disebut aset perusahaan atau sumber daya yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.

Dan aset tersebut tak selalu berkaitan dengan kebendaan seperti pabrik, peralatan, properti, atau yang lainnya, melainkan juga sumber daya manusia atau staf dan pegawai perusahaan tersebut.

Demi keberlangsungan perusahaan, aset-aset ini harus dirawat dengan sebaik-baiknya termasuk untuk SDM.

Lalu bagaimana caranya merawat aset yang berkaitan dengan manusia? Caranya adalah dengan bekerja sama dengan jasa pelatihan leadership training.

Menurut statistik menggunakan jasa pelatihan akan membantu meningkatkan produktiftas pegawai perusahan serta profesionalisme kerja.

Dampak positif leadership training

Menyelenggarakan pelatihan kepemimpinan bagi staf dan karyawan perusahaan dapat dikatakan sebagai investasi perusahaan yang bersangkutan dengan tujuan memperoleh feedback berupa profit atau keuntungan.

Investasi ini bertujuan untuk mendorong karyawan agar dapat menunjukkan performa dalam bekerja secara optimal.

Manfaat Leadership Training

Sahabat Humanis …

Seluruh materi tersebut oleh penyedia jasa training akan disajikan dalam bentuk yang menyenangkan misalnya dengan jenis petualangan atau permainan.

Manfaat yang bisa dipetik oleh peserta setelah mengikuti leadership training ini adalah: komunikasi yang efektif, pengembangan tim, menemukan solusi dari berbagai masalah, percaya diri, kerjasama tim, kepemimpinan, kejujuran, pelatihan untuk fokus, serta permainan yang menghibur.

Ada berbagai aktifitas dalam pelatihan kepemimpinan dan salah satu yang cukup populer adalah outbond training.

Memang sesungguhnya mustahil kecerdasan emosional bisa diubah 100% hanya dengan kegiatan yang diselenggarakan dalam jangka waktu 1 hingga 4 hari saja.

Tetapi aktifitas outbond training yang memang didesain untuk mencapai maksud-maksud tertentu dapat dijadikan titik pijak atau starting point bagi individu.

Untuk mendapatkan konsep diri serta karakter yang lebih baik pada hari-hari depan yang akan mereka jalani terutama di lingkungan pekerjaan.

Simulasi yang diadakan di alam terbuka akan merealisasikan konsep-konsep interaksi antara peserta training termasuk dengan alam.

Aktifitas ini diupayakan bisa memberikan suasana yang mendukung demi membentuk sikap, cara berpikir, persepsi kreatif dan positif dari tiap peserta training.

Hal ini akan menciptakan rasa kebersamaan, toleransi, keterbukaan, dan kepekaan yang mendalam dan diharapkan untuk ke depannya dapat memberikan spirit, inisiatif, serta pola pemberdayaan baru dalam kehidupan peserta.

Dengan kegiatan training leadership dalam konsep outbond peserta diharapkan dapat mengembangkan potensi diri.

Baik secara internal atau disebut personal development atau pun team development atau kekompakan tim.

Dalam outbond peserta melakukan interaksi dengan komunikasi yang efektif, kompetisi, leadership, manajemen, resiko, kompetisi, serta pengambilan keputusan dan inisiatif.

Kegiatan outbond ini akan berjalan efektif bagi pengembangan SDM bila dilakukan dengan tepat, yaitu dengan rangkaian program-program yang tepat. Inilah sebabnya penyelenggaraan pelatihan kepemimpinan ini harus dilakukan oleh ahlinya atau vendor-vendor training profesional yang memang mempunyai staf-staf ahli.

Sahabat Humanis …

Pada umumnya sebelum aktifitas pelatihan dilaksanakan harus dilakukan perancangan konsep dan persiapan yang maksimal.

Inilah hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum aktifitas outbond.

1.

Menetapkan target – Untuk persiapan pertama ini ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab, yaitu apa tujuan dari outbond? Apakah ingin meningkatkan kebersamaan atau team building? Meningkatkan motivasi untuk berprestasi? Membentuk jiwa kepemimpinan? Atau yang lainnya? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, perusahaan jasa akan dapat merancang setting aktifitas yang hendak dilaksanakan. Berkaitan dengan pemilihan lokasi, merumuskan materi, serta jenis materi yang akan dilakukan pada aktifitas outbond.

2.

Menentukan lokasi – Bila tujuan kegiatan telah ditentukan, vendor atau jasa training leadership dapat menentukan lokasi kegiatan. Apakah kegiatan outbond sebagai aktifitas utama atau hanya sebagai pelengkap juga akan menentukan pemilihan lokasi.

3.

Menyiapkan alat yang dibutuhkan – Agar aktifitas outbond berjalan dengan lancar. Segala kebutuhan yang berkaitan dengan peralatan harus disiapkan sejak jauh-jauh hari. Pada aktifitas fun outbond pada umumnya tak dibutuhkan peralatan-peralatan yang rumit atau sulit dicari.

4.

Instruktur – Tim Instruktur adalah faktor kunci kesuksesan aktifitas outbond training. Inilah sebabnya Anda direkomendasikan menyerahkan kegiatan leadership training ini kepada ahlinya yaitu vendor training profesional. Instruktur idealnya adalah seseorang yang kompeten ( skills ) di bidangnya terutama untuk kegiatan outbond yang beresiko tinggi. Sehingga seluruh peserta tetap dapat menjalankan kegiatan dengan aman dan nyaman.

 

Sahabat Humanis …

Dengan jasa leadership training perusahan bisa mengupayakan untuk mencetak pemimpin-pemimpin yang kompeten dan dapat mengatur anak buahnya dengan baik.

Training ini pada umumnya harus diikuti oleh staf yang baru memperoleh promosi untuk menjalankan jabatan baru seperti manajer, kepala cabang, hingga direktur.

Dalam dunia kerja yang identik dengan persaingan dan tekanan selalu dibutuhkan hal-hal baru yang dapat menyegarkan pikiran untuk mengurangi kejenuhan.

Dengan mengikut leadership training ini selain jiwa kepemimpinan bisa terbentuk.

Para peserta juga sekaligus dapat mengendurkan syaraf dengan berbagai kegiatan permainan yang menyenangkan. Nah, semoga bermanfaat!

Artikel di atas bermanfaat untuk Anda ? Jika iya Silakan klik tombol Social Media yang ada di sebelah kiri Anda.

Agar banyak orang yang membaca artikel bermanfaat ini.

Leave a Reply