Program Kerja Supervisor

Program Kerja Supervisor

Program Kerja Supervisor

 

Kemampuan utama seorang supervisor sangatlah penting dalam menjalankan tugas sebagai supervisor . Jika ingin menjadi supervisor yang handal kita harus mempunyai kemampuan utntuk menjadi supervisor. Keterampilan dalam mengambil keputusan , keterampilan managerial , keterampilan hubungan antar manusia atau komunikasi dan juga memiliki keterampilan adsministratif .

Program kerja supervisor sangatlah banyak bisa di lakukan salah satunya adalah menjadi supervisor di sebuah restoran yang bagus dan terpercaya antara lain adalah cek :

  • Kehadiran karyawan atau bisa disebut ( cross check dengan jadwal kerja para karyawan yang lain )
  • Daftar pesanan konsumen
  • Persediaan barang dan bahan yang akan digunakan hari ini atau besok
  • Standart kualitas menu makanan dan minuman itu layang atau tidak
  • Standart penampilan karyawan yang ada di restoran
  • Membuat jadwal karyawan pada masing masing shift

Program Kerja Supervisor

  • Mengusulkan adanya penambahan dan pengurangan jumlah karyawan kepada managementnya atau manager di restoran tersebut
  • Menangani sebuah event atau pesanan dalam jumlah yang sangat besar
  • Handling atau penanganan terhadap complaint atau keluhan pada seorang tamu atau pelanggan yang sedang ada pengeluhan tersebut
  • Mengusulkan promosi dan demosi karyawan tersendiri
  • Menangani dan bertanggung jawab sepenuhnya atau kelancaran operasional restoran tersebut
  • Memberikan contoh yang baik , pengarahan , dan motivasi tinggi pada karyawan tersebut
  • Membuat rekap gaji pada setiap karyawan
  • Bersama dengan kepala restoran dan Chief memasak memastikan terlaksananya program program bulanan seperti General Cleaning dan SO inventaris lainnya .

Program Kerja Supervisor

Banyak program pekerjaan supervisor dibidang lainnya. Sesuai dengan bidangnya programnya kerjanya pun sangat berbeda sehingga supervisor itu banyak pekerjannya . Menyajikan cara mengelola waktu dengan efektif dan efesien . Banyak manager yang merasa dirinya kurang memiliki waktu untuk mengerjakan pekerjaan . Sehingga terlihat terburu buru dan harus mengerjakan pekerjaan dikantor menjadi dirumah . Masalah sebenernya bukanlah terletak pada waktu itu tersendiri . Program kerja seorang supervisor sangatlah penting adanya karena jika tidak ada program kerja seorang supervisor tidak berjalan dengan baik dan supervisor pun akan menjadi tidak ada pekerjaan yang harus di lakukan .

 

Menjadi Supervisor

Menjadi Supervisor

 

Supervisor adalah jabatan dalam struktur perusahaan yang mempunyai wewenang untuk mengeluarkan perintah kepada karyawannya untuk mendapatkan arahan dari atasannya . Supervisor harus bertanggung jawab dalam memastikan semua pekerjaan yang dilaksanakan dengan baik sehingga semua proses membuat menjadi berjalan lancar seperti monitoring produksi .

Karena peran supervisor sangaat harus diperhatikan manajemen dalam selama waktu 3 sampai 4 bulan setelah mendapat promosi sebagai leader , banyak supervisor baru kebingungan dengan langkah yang haru di dahului kerjanya . Memang disisi lain jabatan kompensasinya semakin baik dan baik lagi . Namun juga dibandingkan dengan hal itu tugas dan tanggung jawabnya sudah terlalu berpengaruh langsung dengan kinerja kelompok atau organisasinya.

Program Kerja Supervisor

Jika ingin menjadi supervisor yang sukses ada beberapa tips yaitu :

  1. Mempersiapkan diri untuk menjadi supervisor jauhjauh dari hari sebelum promosi yang ditawarkan . dipelajari dengan baik dan terus di latih tentang keterampilan teknis dan menilai bagaimana pekerjaan sekarang . pelajari banyak buku yang bertema manajemen dan leadership . membaca tentang akan hal itu waktu yang minimal adalah 20 menit perhari .
  2. Setelah seseorang itu mendapatkan promosinya . yang menempatkan seseorang itu sebagai pemegang jabatan sebagai supervisor senior . setiap dipagi hari harus cek 2-10 menit laporang yang seseorang itu lakukan dari staf anda dan jangan malu-malu untuk meminta bantuan kepada mereka yang sudah mengerti akan hal itu.
  3. Perhatikan dengan sungguh-sungguh hal yang tidak perlu tetapi mengganggu pekerjaan anda sebaiknya perbaikilah

Program Kerja Supervisor

  1. Cari tahu kelebihan staf anda dan melihat perkembangan pekerjaan mereka . dengan melakukan hal yang seperti itu mungkin suatu saat anda akan kehilangan mereka semua . namun mereka lebih terdorong dan bersemangat untuk mencapai tujuan mereka selama dalam pengawasan anda
  2. Ajarkanlah dan ajaklah mereka dalam satu dunia pekerjaan yang sehat dan logis serta jelaskan kepada staf anda mengapa perusahaan memerlukan karyawan yang tipenya seperti itu

Tantang staf anda untuk suatu tujuan yang bersifat bositif dan bukan karena kekuasaan tetapi , bila mereka menghadapi masalah anda harus turun untuk membantu dan meringankan permasalahan.

 

Peranan Supervisor

Peranan Supervisor

 

Supervisor adalah orang yang berhubungan langsung dengan seorang manager , namun dalam tanggung jawab , supervisor mempunyai tugas yang tidak kalah berat dengan tugas seorang manager . dalam banyak kasus , supervisor memiliki tugas yang sangat strategis karena langsung terjun dilapangan melaksanakan semua rencana dari manager , supervisor juga memiliki bawahan dalam struktur organisasi disebut karyawan atau staff .

Hal ini menyebabkan supervisor memiliki kedudukan yang sangat istimewa didalam sebuah kantor ataupun perusahaan itu.

Program Kerja Supervisor

Peran Supervisor :

Secara garis yang besar peran penting supervisor dapat dijelaskan dibawah ini yaitu

  • Sebagai pemimpin dan manager

Supervisor tidak hanya melakukan atau mengelola sebuah pekerjaan , tetapi juga memimpin agar para karyawan dibawahnya mampu bekerja sesuai dengan apa yang telah dituju

  • Barisan terdepan dari managemen yang berhadapan langsung dengan pelaksana

Supervisor itu sendiri merupakan wakil dari managemen sebagai pemimpin pelaksana tugas di lapangan kerja . supervisor bertanggung jawab untuk mengamankan dan melaksanakan keputusan managemen.

Program Kerja Supervisor

  • Supervisor melaksanakan semua sistem manajerial seperti manager di level atasnya

Supervisor harus mampu menjalankan sebuah sistem managemen tersebut itu sendiri . sistem managemen akan menolong supervisor dalam menyelesaikan tugas tanggung jawabnya . dengan adanya sistem managemen level paling atas , maka koordinasinya akan menjadi efektf dan lebih efesian tanggung jawabnya.

  • Mewakili nama perusahaan dalam berbagai interaksi sosial , sehingga wajib menjaga citra diri perusahaan

Perusahaan tidak hidup dengan dalam sebuah ruang yang hampa tanpa sosial . artinya perusahaan hidup dan berinteraksi dengan lingkungan sosial lainnya . supervisor harus mampu menjaga citra dirinya . baik buruknya citra peruhaan di lingkungan sosialnya diwakili oleh baik buruknya supervisor.

Program Kerja Supervisor

Supervisor sebagai manager dan pemimpin

Dalam diri supervisor terdapat dua peran dan aktivitas yang tidak bisa dilepas oleh seorang supervisor , yaitu sebagai manager sekaligus sebagai pemimpin . manager dapat diartikan sebagai pengelola yang sifatnya berhubungan dengan pekerjaan pekerjaan yang sudah menjadi deskripsi pekerjaannya.

 

Tanggung Jawab Seorang Supervisor

Tanggung Jawab Seorang Supervisor

 

Peran Supervisor
Secara garis besar peran supervisor dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Sebagai Pemimpin dan Manajer
    Supervisor tidak hanya mengelola , tapi juga memimpin (mengarahkan, memotivasi, mengajarkan, memberdayakan), agar karyawannya mampu bekerja sesuai dengan apa yang telah ditentukan. Dalam hal ini supervisor mempunyai dua peran sekaligus.. Agar bisa bekerja optimal dan efektif kedua tangan ini harus difungsikan sekaligus sehingga bisa saling mengisi dan bekerja sama antar dengan yang lain.
  2. Barisan terdepan dari manajemen yang berhadapan langsung dengan para pelaksana
    Supervisor merupakan wakil dari manajemen itu sendiri sebagai pemimpin pelaksana tugas di lapangan. Supervisor bertanggung jawab atas semua mengamankan dan melaksanakan segera keputusan manajemennya. Dalam hal ini Supervisor bekerja sama dengan para karyawan bawahannya. Semua kejadian maupun tantangan-tantangan dilapangan, baik itu karena persoalan tertentu pengelolaan sumber daya non manusia (managerial) mau pun karena karyawan bawahan (kepemimpinan) menjadi tanggungjawabnya.
  3. Supervisor melaksanakan semua sistem managerial yang seperti manager di level atasnya.
    Entah apa pun sistem manajemen yang di pakai (bisa PDCA – Plan,do,Check,act,atau POAC – planning, organizing, actuating, controlling), supervisor harus mampu dalam menjalankan sistem manajemen itu tersebut. Sistem manajemen akan menolong supervisor dalam menyelesaikan semua tanggung jawabnya. Dengan sistem sebuah manajemen yang di pakai itu seperti sistem manajemen level di atasnya, maka koordinasinya akan menjadi efektif dan efisien.

Program Kerja Supervisor

Tanggung Jawab seorang Supervisor

Tanggung jawab seorang supervisor terhadap sebuah perusahaan atau organisasi sangatlah cukup sulit , karena seorang supervisor harus bisa membangun motivasi dan mengarahkan kinerja karyawan bawahannya dengan baik, dan bisa menjembatani pedoman atau peraturan kerja atau standar kerja yang diterapkan oleh perusahaan agar berjalan dengan baik dan dengan memimpin tim atau tim yang dibentuk. berikut tanggung jawab utama seorang supervisor sendiri adalah :

  • Planning, merencanakan kegiatan yang menjadi tugasnya supervisor
  • Organizing, mengordinasikan kegiatan yang lainnya dan tugas tersebut agar dapat berjalan dengan lancar
  • Staffing, memastikan setiap anggota yang terlibat pada tugas dan pekerjaan-pekerjaan tersebut.
  • Directing, Mengarahkan bagaimana agar yang diberi tugas dan pekerjaan tersebut dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan standar kerja yang diterapkan organisasi maupun perusahaan yang lain .
  • Controlling, melakukan kontrol terhadap salah satu kegiatan dalam tim serta pekerjaan yang dilakukan oleh tim tersebut.

 

Tugas Tanggung Jawab Supervisor

Tugas Tanggung Jawab Supervisor

 

Tanggung Jawab seorang Supervisor

Tanggung jawab seorang supervisor terhadap sebuah perusahaan atau organisasi sangatlah cukup sulit , karena seorang supervisor harus bisa membangun motivasi dan mengarahkan kinerja karyawan bawahannya dengan baik, dan bisa menjembatani pedoman atau peraturan kerja atau standar kerja yang diterapkan oleh perusahaan agar berjalan dengan baik dan dengan memimpin tim atau tim yang dibentuk. berikut tanggung jawab utama seorang supervisor sendiri adalah :

  • Planning, merencanakan kegiatan yang menjadi tugasnya supervisor
  • Organizing, mengoordinasikan sebuah kegiatan dan tugas agar dapat berjalan dengan sangat lancar
  • Staffing, memastikan setiap anggota yang terlibat pada tugas dan pekerjaan-pekerjaan tersebut.
  • Directing, Mengarahkan bagaimana agar yang diberi tugas dan pekerjaan tersebut dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan standar kerja yang diterapkan organisasi maupun perusahaan yang lain .
  • Controlling, melakukan kontrol terhadap salah satu kegiatan dalam tim serta pekerjaan yang dilakukan oleh tim tersebut.

Program Kerja Supervisor

Peranan seorang supervisor

Kesimpulannya , seorang supervisor adalah seseorang yang diberikan tugas dan tanggung jawab untuk memimpin dan mengelola sebuah produksi dan pelayanan tersebut kepada konsumen , membimbing dan mengarahkan bawahan atau karyawan juga untuk mencapai tujuan organisasi mereka dan mengatur jadwal kerja dan teknisi lainnya .

Tugas dan tanggung jawab seorang supervisor

  • ketika seseorang di berikan sebuah tugas sebagai tokoh supervisor maka ia mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sangat berbeda dengan staff bawahannya
  • ia mempunyai obligasi dan tanggung jawab yang tidak ringan . untuk itu tersebut sebelum memilih dan mengangkat supervisor perlu di timbangkan .
  • ketika seseorang diangkat menjadi supervisor ia harus segera membuat batasan antara seorang supervisor dengan orang orang yang akan di pimpinnya
  • termasuk pola pikir , sikap dan tingkah lakunya

Program Kerja Supervisor

Seorang supervisor berada diantara karyawan dan managemen dari konsumen . sehingga ia harus bisa menempatkan dirinya dengan cara yang baik. Bagi karyawan , seorang supervisor harus bisa mewakili dalah hal suatu kekuasaan di dalam perusahaan tersebut . perintah , penerapan disiplin , jam kerja atau jadwal , uang lembur dan yang lainnya

Tanggung jawab supervisor dan wewenangnya adalah :

  • Supervisor membuat usulan promosi jabatan sebagai staf bawahannya sendiri
  • Seorang supervisor memberikan suatu penghargaan kepada staff bawahannya yang baik dalam mejalani pekerjaannya

Supervisor berhak memberikan hukuman untuk staf bawahannya agar kesalahan karyawan yang di pimpinnya bisa menyadari dan tidak mengulanginya lagi .

 

Tugas dan tanggung jawab supervisor

Tugas dan tanggung jawab supervisor

 

Sebenarnya apa sih tugas dan tanggungjawab supervisor itu. Nah kalian hanya mengetahui sosok dari seorang supervisor tetapi tidak terlalu mengetahui tugas dan tanggungjawabnya. Mungkin kata kata supervisor tidak asing buat kalian yang sudah pernah dengar supervisor itu apa dan mukin masih jarang juga yang mengenal supervisor. Oleh karena itu supaya kalian mengetahui apa sih tugas seorang supervisor dan tanggungjawab yang baik untuk dilakukan dalam menjalankan pekerjaannya. Tugas supervisor berbeda beda disetiap perusahaan maupun instansi yang mempekerjakannya, namun supervisior mempunyai tugas untuk memberikan suatu penjelasan terhadap suatu pekerjaannya agar jalan dengan lancan dan terkendali dalam melakukannya.

Mampu menyampaikan suatu kebijakan yang disampaikan oleh jabatan diatasannya kepada seluruh staffnya agar mampu melaksanakan pekerjaanya dengan baik dan tidak mengecewakan. Mengatur semua kegiatan yang supervisor sedang kerjakan supaya tidak terjadi kesalahan. Memberikan tugas kepada staffnya untuk dapat menyelesaikan permasalah maupun konflik. Melaksanakan tugas, proyek dan pekerjaan secara langsung dan melakukan pengawasan dalam tugasnya. Memimpin dan memotivasi staffnya untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dan tanggap. Menegakkan aturan yang telah di tentukan oleh perusahaan untuk dapat diterpkan dan dijalankan dengan terlaksana dengan sesuai.

Program Kerja Supervisor

Supervisor mempunyai tugas dalam memastikan tanggungjawabnya pekerjaan untuk dapat terlaksanakan pekerjaan dengan baik sehingga semua proses produksi berjalan dengan lancar sekaligus juga dapat dengan baik dalam menjalankan suatu penjelasan yang telah diberikan terhadap melalui pengawasan anak buah melakukan instruksi kerja yang diberikannya dengan sesuai agar dapat dengan baik berjalan dengan sesuai tujuan yang mampu melakukan keamanan dalam proses pengerajaan para staffnya, maupun keselamatan dalam penugasan pekerjaan yang diserahkan dapat terlaksana dengan baik dan tidak mengacam pada kesehatan yang berbahaya. Harus mampu menjadi kerjasama dengan atasan perusahaan atau dengan bawahannya agar tidak terjaidi konflik atau permasalahan terjadi di perusahaan. Supervisor dapat dibagi dalam beberapa tugas sesuai dengan kemampuan, bakat, dan pengalamannya dalam hal yang ditanganinnya dapat berjalan dengan sesuai apa yang dipikirkan. Merencakan kegiatan tugas apa yang akan dibahas kepada stafnya untuk dapat diterapkannya itu sesuai. Memastikan setiap orang yang terlibat pada tugas dan pekerjaannya tersebut.

 

Tugas seorang supervisor marketing

Tugas seorang supervisor marketing

 

Mengatur kerjanya para staffnya yang memiliki suatu kesalahan dalam proses kerjanya. Melakukan suatu pengecekan kepada staffnya untuk melakukan sesuatu hal yang penting untuk kemajaun para stafnya dalam bekerja. Mengatur apa saja yang harus dilakukan stafnya demi kebaikan perusahaan. Memberikan penjelasan pada saat melakukan promosi produk dalam pekerjaanya. Memberikan tahukan bagaimana cara mempromosikan barang-barang tersebut dengan baik kepada staffnya. Mampu memiliki hubungan baik dengan perusahaan lain dalam urusan bisnis pemasaran yang dilakukannnya.

Mampu menunjukkan potensi dalam pengembangan suatu pemasaran produk agar dapat pencapaian target secara maksimal. Mengelola bisnis dengan baik untuk dapat ditunjukkan kepada para pelanggan supaya dapat membeli produknya. Mampu menampung sebuah informasi yang baru apa dalam produk yang sedang laku dalam pemasaran. Harus melakukan penelusuran dalam melaksanakan pemasaran kepada perusahaan lain apa yang membuat perusahaan lain itu mencapai target dalam pemasaran yang dilakukannya. Mampu mengatasi berbagai macam pelanggan yang dalam usaha yang dijalankan. Memantau dalam perjalan pemasaran produk yang dilakukan apakah ada peningkatan atau penurunan pada perusahaannya. Mampu memberikan suatu strategi penjualan yang dapat menarik pelanggan untuk membeli suatu produknya. Menentukan besarnnya pemasaran yang diarahkan dalam penjualan.

Program Kerja Supervisor

Mampu mengatasi penawaran dalam penjualan produk yang sesuai dengan kebutuhan yang dapat ditemukan bagi perusahaan. Memberikan arahan pada saat melakukan survey ke tempat perusahaan yang ingin dilihat suatu hasil produk yang baru dikerjakan. Memeriksa adanya kesalahan dalam menjalankan pemasaran yang dilakukannya agar segera dapat diselesaikan. Ikut menjaga hubungan baik dengan dealer. Menjalin sebuah kerjasama yang dapat mengutungkan bagi perusahaan dalam menentukan target pemasarannya kepada perusahaan tersebut dalam menjalin hubungan sesama berbisnis. Menawarkan paket penjualan yang akan disetujui dengan perusahaan dalam melakukan pemasaran. Mampu mengambil peran penting untuk dapat dengan segera dalam masalah penjualan yang untuk memenuhi target dalam pemasarannya. Mampu mengatasi semua permasalahan dalam proses penjualan yang dilakukan. Meminta biaya pembatalan perjanjian dalam melakukan pemasarannya. Mengembangkan pemasaran secara penjualan dalam pemasukan yang akan dibutuhkan dalam perusahaan untuk mendapatkan hasil keuntungan. Mampu mengatasi harga jual produk yang akan lounching dan memastikan tercapainya target. Merangkum untuk memastikan kapasitas untuk terpenuhi secara optimal.

Ditulis Oleh Maulidia Rizky, Vitky Sasmita Siswi Magang Humanis Group 2016 

Leave a Reply